Pelatihan Penulisan Ilmiah Mahasiswa Menggunakan MENDELEY

Sebagai upaya peningkatan kemampuan mahasiswa prodi fisika dalam menulis tugas akhir dan karya ilmiah, program studi pendidikan fisika menyelenggarakan untuk kedua kalinya pelatihan manajemen sitasi untuk menulis tugas akhir dan karya ilmiah. SITASI merupakan cara seseorang untuk memberitahu pembaca bahwa bagian-bagian tertentu dari tulisan seseorang berasal dari sumber lain. Selain tu juga, ini merupakan bukti etikad penulis dalam menegakkan sikap jujur dalam berkarya (menulis) yang mana akhir-akhir ini sangat marak kasus-kasus plagiarisme karya

Pealatihan pada hari Sabtu, 30 Oktober 2021 di Ruang Kelas Fisika  dimulai pukul 08:30 WIT Р12.30 WIT ini dikuti oleh mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir ini, dan disampaikan langsung oleh Husnin Mubarak, S.Si., M.Pd.  Menurutnya, melakukan sitasi terhadap sumber referensi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam publikasi ilmiah. Membaca, mengumpulkan referensi, serta memasukannya ke dalam naskah bukanlah yang mudah untuk dilakukan dalam waktu yang singkat. Hadirnya perangkat lunak mempermudah kerja penulis dalam melakukan manajemen penulisan. Tidak hanya waktu yang terpangkas namun aktifitas seperti pencarian dapat dengan mudah dilakukan dan dengan Mendeley Penulis sangat terbantu dalam hal mengelola referensi

Mendeley adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk mempermudah dalam manajemen referensi. Sebut saja fitur-fitur seperti membuat Bibliografi dan Kutipan secara otomatis, ada juga fitur pengaturan Gaya Sitasi (APA, MLA, HARVARD, dll), semuanya bisa kita peroleh dari Mendeley.

Mendeley dapat diakses melalui Mendeley Desktop atau Mendeley Web secara gratis. Kita dapat juga menghubungkan Mendeley desktop dan Mendeley Web melalui akun yang terdaftar dengan menggunakan fitur Sync yang berfungsi untuk mensinkronkan data kerja kita pada Mendeley Desktop ke Mendeley Web dan sebaliknya.

Aplikasi Mendeley dapat berkolaborasi dengan Microsoft Office (Word) dalam penyusunan SITASI untuk daftar pustaka sehingga akan mempermudah pembuatan daftar referensi karya tulis ilmiah, karena dalam satu kali klik maka seluruh referensi telah tersusun sesuai dengan keinginan penulis. Menariknya dari aplikasi ini, jika mengakses versi website maka antar pengguna Mendeley bisa melakukan sharing mengenai referensi karya ilmiah yang sesuai dengan ranah keilmuan.

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa mampu dalam menggalakan anti plagiarisme dapat memberikan manfaat serta menjadi bekal ilmu mahasiswa prodi fisika khususnya dalam pembuatan sitasi dan daftar pustaka karya ilmiah.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *